Membuat CRUD dengan PHP MySQL

Hallo Gaes Assalamualaikum Wr Wb selamat malam sahahat blogger perkenalkan nama saya Azhar Haeza Faunsyah biasanya orang panggil saya Azhar :D kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial singkat mengenai cara membuat CRUD dengan PHP Mysql, hmm sebelumnya mohon maaf apabila saya disini ada kesalahan dalam hal coding atau bagaimana karna saya sendiri baru belajar jadi harap maklum gaes :D. Okeh jangan terlalu lama kita langsung saja yah masuk ke intimnya :D 

Pertama yang harus disiapkan dalam membuat CRUD dengan PHP Mysql adalah: 
1. Kopi :D
2. Lalu pastikan kamu sudah menginstal Xampp versi terbaru yah karena sudah termasuk didalamnya ada Apache (Web server), PHP 7.1, MySQL. 
3. Text Editor, saya disini menggunakan Sublime Text Editor. 
4. Internet yang lancar tentunya hehe :D

Okeh masuk langsung ke Tutorialnya jangan terlalu lama basa basi :D

Pertama kalian harus membuat database terlebih dahulu dan isikan kolomnya jangan lupa, disini saya mencoba memasukan Id, Nama, Username, Password, dan Email


Kedua kalian buka sublime text editor untuk membuat file php baru dengan nama config.php, kemudian setelah itu kalian koneksikan database PHP dengan Mysql, dengan mengetik codingan berikut pada config.php



Setelah itu buat file php baru lagi dengan nama index.php didalam folder tugas1 pada index.php yang akan menampilkan datanya. Berikut codingan pada index.php:



Kemudian coba masuk ke browser dengan mengetikan alamat berikut "localhost/tugas1" (tanpa tanda petik", tapi sebelumnya kalian start dulu Xampp :D


Setelah itu kita buat file lagi dengan nama tambah.php yang fungsinya agar data bisa ditambahkan
Berikut codinganya:


Berikut tampilan dari tambah data pada browser :
Lalu agar data dapat tersimpan maka kita membuat file add.php untuk menyimpan file datanya. Berikut Codinganya:

Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti ini:

Berikutnya membuat file update.php yang gunanya untuk mengupdate data yang kita inputkan, berikut tampilan codinganya:



Berikut tampilan update pada browser:
Pada file index.php kita dapat membuat tombol untuk menghapus data yang kita pilih dan pada saat tombol di klik maka akan terhapus, maka halaman akan dialihkan pada file delete.php dengan mengirim data Id menggunakan perintah GET.

Berikut tampilan file php dengan nama delete.php,berikut codinganya:


Jika sudah silahkan di test hasilnya apakah terjadi error atau berhasil :D 

Sekian tutorial singkat padat dan kurang jelas dari saya semoga menjadi bermanfaat pada kalian yang membutuhkan.. sekian...







Komentar

Postingan Populer